04
Feb
12

Konsep Motivasi


Motivasi adalah dorongan dari luar yang menyebabkan kita melakukan sesuatu.

Soemanto (1987) secara umum mendefinisikan motivasi sebagai suatu perubahan tenaga yang ditandai oleh dorongan efektif dan reaksi- reaksi pencapaian tujuan. Karena kelakuan manusia itu selalu bertujuan, kita dapat menyimpulkan bahwa perubahan tenaga yang memberi kekuatan bagi tingkahlaku mencapai tujuan,telah terjadi di dalam diri seseorang.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa motivasi adalah merupakan sejumlah proses- proses psikologikal, yang menyebabkan timbulnya, diarahkanya, dan terjadinya persistensi kegiatan- kegiatan sukarela (volunter) yang diarahkan ke tujuan tertentu, baik yang bersifat internal, atau eksternal bagi seorang individu, yang menyebabkan timbulnya sikap antusiasme dan persistensi.

Dari kesimpulan di atas kita coba bahas satu persatu.

ketika mempunyai sesuatu tujuan, maka yang pertama akan kita lakukan adalah menginpentarisir atau mencoba mengumpulkan materi-materi pendukung untuk menggolkannya, misalkan ketika kita ingin pergi ke suatu tempat maka sebelum berangkan didalam otak kita akan berpikir, apa yang perlu di siapkan: jarak lokasi seberapa jauh, untuk menuju kelokasi kita akan mengendarai apa?, apakah kita mempunyai kendaraan sendiri ?, kalau punya berapa perkiraan kita harus mengisi bensin dan berapa jumlah uang yang harus kita keluarkan untuk bensin tersebut. kalau tidak punya kendaraan sendiri naik apa kita pergi ke sana, kemudian berapa orang kita pergi ke sana, semuanya itu harus kita siapkan sampai perkiraan biayanya. setelah itu baru timbul apa yang akan kita lakukan atau kerjakan ketika kita sampai di sana. proses itulah yang di sebut ddengan motivasi yang terkadang sadar atau tidak proses itu tidak terpikirkan secara matang dan di anggap sepele dan tidak penting. tetapi hal-hal yang sepele itulah terkadangbisa membatalkan rencana itu atau menghambat sehingga tujuan itu tidak terlaksana.

Motivasi itu sebetulnya dorongan dari luar tetapi dalam kenyataannya motivasi merupakan kolaborasi campuran dari dorongan dari dala(motif).

konsep motivasi yang kurang baik yang terkadang menyebabkan kita menjadi stress di akhir adalah ketika konsep motivasi tidak di tempatkan pada kondisi yang tidak tepat.misalnya begini, kita mempunyai pekerjaan sekarang ini yang mendapatkan penghasilan katakanlah 1 tujat per bulan, kita mempunyai mimpi atau ke inginan misalnya dengan penghasilan sebesar itu kita menginginkan mobil pribadi. apakah keinginan punya mobil itu bisa terlaksana?

dalam hal ini konsep motivasi kembali lagi kepada faktor-faktor keadaan kita sendiri. keadaan kita sendiri itu misalnya; dengan penghasilan 1 juta per bula. penghasilan itu kita dapatkan dari seluruh potensi yang kita lakukan untuk mendapatkan hasil maka jatonya adalah sebesar itu. kemudian itu apakah bersih atau kotor artinya uang sebesar 1 juta itu harus di bagi lagi untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari atau tidak. kalau iya berapa kebutuhan hidup selama satu bulan? taro lah misalkan untuk kebutuhan primer kita selama satu bula itu 9 00.000 maka sisa untuk mengejar mimpi mempunyai mobil adalah dengan jumlah uang sisa 100.000 perbulan. pertanyaannya apakah kita bisa mendapatkan mobil dengan uang sebesar itu?

Coba kita analisis dari kesimpulan definisi motivasi: motivasi adalah merupakan sejumlah proses- proses psikologikal, yang menyebabkan timbulnya, diarahkanya, dan terjadinya persistensi kegiatan- kegiatan sukarela (volunter) yang diarahkan ke tujuan tertentu, baik yang bersifat internal, atau eksternal bagi seorang individu, yang menyebabkan timbulnya sikap antusiasme dan persistensi.

Kemampuan kita untuk mengejar tujuan memiliki mobil adalah dengan uang sebesar 100.000 perbulan. maka motivasinya akan bermacam-macam. disinilah konsep motivasi yang sebenarnya yang harus kita fahami.

kita bisa memiliki mobil dengan potensi uang sebesar 100.000 dengan perhitungan harga mobil katakanlah 40 juta maka kita akan mendapatkan mobil itu selama 35 tahun katakan lah begitu. maka konsev motivasi disini yang baik adalah kita tidak mengganggu atau tidak menggunakan uang yang 100.000 itu selama 35 tahu. pertannyaannya apakan kita kuat untuk tidak menggunakan uang sebesar 100.000  selama 35 tahun? disinilah konsep motivasi yang benar dan sesuai dengan keadaan diri itu. ketika kita kuat sampai selama itu maka keinginan atau mimpi kita akan tercapai.

kesimpulannya dari analisisi di atas adalah motivasi yang benar adalah ketika kita tidak menggunakan dan mengambil uang 100.000 ribu selama 35 tahun. coba kita mengaflikasikan devinisi motivasi supaya kita tahu arti dari motivasi yang sebenarnya.  Ketika kita menginginkan sebuah mobil dengan uang sebanyak 100.000 maka kita mempunya” motivasi adalah merupakan sejumlah proses- proses psikologikal, yang menyebabkan timbulnya, diarahkanya, dan terjadinya persistensi kegiatan- kegiatan sukarela (volunter) yang diarahkan ke tujuan tertentu, baik yang bersifat internal, atau eksternal bagi seorang individu, yang menyebabkan timbulnya sikap antusiasme dan persistensi” dengan tidak mengganggu atau menggunakan uang sebesar 100.000 selama 35 tahun.

konsep motivasi yang kurang baik adalah; ketika kita tahu potensi kemampuan kita untuk memiliki mobil dengan uang sebesar 100.000 perbulan, kita meminjam uang sebesar harga mobil yang kita inginkan tanpa memperhitungkan kenyataan dan kemampuan bahwa kita bisa mempunyai mobil itu ketika kita sudah 35 tahun kedepan. maka motivasi ini bisa dikatakan kurang baik karena konsep motivasi disini tidak sesuai dengan kemampuan dan keadaan reall kita. maka akibat yang akan kita tanggung dengan alasan mengejar mimpi dengan konsep motivasi  yang salah akan mengakibatkan masalah bahkan bencana bagi diri kita sendiri.

kesimpulannya konsep motivasi disini yang harus kita fahami adalah konsep motivasi yang baik dan benar dengan mengoptimalkan keinginan, kerja keras dan keadaan reall kita.

kerja keras dalam contoh diatas adalah menyimpan dan mengumpulakan uang sebesar 100.000 selama  35 tahun tanpa henti dan tergoda untuk menggunakan uang itu serta tidak berubah di tengah jalan. itu yang disebut dengan konsep motivasi yang benar. konsep motivasi yang salah adalah ketika kita mengejar sesuatu yang tidak sesuai dengan potensi kita sendiri. itu namanya mengejar bayangan dan karena mengejar bayangan yang tidak mungkin tercapai akhirnya menjadi problem hidup kita sendiri.

Tetaplah bersyukur apa yang kita dapatkan selama ini dan jangan pernah menyamakan kemampuan diri kita sendiri dengan orang lain karena kita dan orang lain adalah beda dan tidak akan sama.

raihlah mimpi sesuai dengan kemampuan dan keadaan diri kita sendiri dengan meng optimalkan potensi yang kita punya. pencapaian sukses juga harus sesuai dengan potensi diri kita sendiri buka membandingkan dengan kesuksesan orang lain karena jauh berbeda.

“kesuksesan yang hakiki adalah ketika kita bermanfaat untuk orang lain”

Terakhir nikmatilah hidup dengan selalu bersyukur atas apa yang kita dapatkan selama ini.

Mudah-mudahan tulisan seadanya ini bisa bermanfaat bagi kita semua.


0 Responses to “Konsep Motivasi”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s