04
Jun
11

Tiga Unsur Manusia


Tiga Unsur Manusia

Manusa adalah ciptaan Allah yang palng sempurna diantara mahluk ciptaan Nya. Manusia mempunyai tiga unsur yang berbeda dan ketiganya menjadi satu kesatuan yang sinergi yang menyebabkan manusia menjadi paling sempurna di antara ciptaan Nya. ketiga unsur itu diantaranya;

 

  1. hati nurani atau jiwa (roh),
  2. akal pikiran 
  3.  fisik.

dari tiga unsur itu yang menjadi pusat pengendali adalah hati nurani atau jiwa (roh). sedangkan akal pikiran dan fisik sebagai saran penunjang manusia untuk menjalankan seluruh kehidupan manusia.

Hati nurani (roh) berisikan seluruh kebaikan-kebaikan sebagai cerminan Allah Yang maha pengasih dan penyayang yang di turunkan kepada manusia. Seperti yang saya sampaikan sebelumnya bahwa hati nurani berisikan semua kebaikan sebagai cerminan Allah yang maha pengasih dan penyayang, tetapi kita tidak pernah tahu akan hal itu seandainya saya tidak menyinggung hal ini. sebagai contoh, ketika kita mau melakukan suatu perilaku yang menyimpang atau berbuat keburukan, maka akan ada sesuatu di dalam hati nurani kita yang berbicara “jangan lakukan itu“. Terjadinya pertentangan di dalam jiwa antara dilakukan atau mengikuti bisikan kata hati yang berbisik “jangan lakukan itu”, untuk beberapa saat, kita akan mengalami stagnasi ketika proses itu rerjadi. Sebenarnya ketika proses itu terjadi, kita tidak benar-benar stagnasi atau berhenti bekerja melainkan intensitas kerja kita meningkan karena sedang terjdi perdebatan yang sangat hebat dengan menggunakan usur pikiran.

Dalam hal ini, kita di berikan kebebasan yang seluas-luasanya untuk memilih. Apakah kita menuruti hawa nafsu atau mendengarkan bisikan hati nurani. dalam hal ini jelas bahwa unsur yang kedua memegang peranan sangat penting karena, meskipun manusia berisikan semua kebaikan seperti saya katakan di atas, faktor akal pikiran kita juga bekerja sesuai dengan analisisnya dan tentunya dengan prediksi atau hipotesa secara logika. ketika kita berbicara masalah logika, kita tidak berbicara benar dan salah atau baik dan buruk, tetapi kita berbicara atas dasar hasil dari olah pikir kita. kalau isi hati nurani adalah pemberian langsung dari sang pencipta yang berisikan semua kebaikan, maka isi dari akal pikiran itu adalah berasal dari pengalaman hidup dan pengetahuan selama individu itu hidup.

Kemudian selanjutnya unsur yang terakhir yaitu unsur fisik dimana unsur ini lah yang akan menjalankan dan mengeksekusi dari hasil proses perdebatan antara hati nurani dan akal pikiran. kesimpulannya adalah unsur fisik akan menjalankan perintah dari hasil akhir hati nurani dan akal pikiran kita. Apa yang ada di dalam diri kita (unsur Hati nurani, akal pikiran, dan fisik) adalah merupakan gambaran dari diri kita yang sesungguhnya yang bisa terlihat dari perilaku kita. ketiga unsur inilah yang menjadi ciri identitas manusia secara individual.

hal inilah yang menyebabkan manusia menjadi beberapa tipe kepribadian. semua itu terjadi karena perbedaan proses dan respon yang di lakukan satu sama lain.


0 Responses to “Tiga Unsur Manusia”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s