11
Feb
10

RAHASIA DIBALIK KESUKSESAN THE FOUNDING FATHER


RAHASIA DIBALIK KESUKSESAN

THE FOUNDING FATHER

Sampoerna merupakan perusahaan penghasil rokok tertua dan terbesar se-asia tengara. Melihat eksistensi yang begitu kuat sampai sekarang di bawah tekanan dan himpitan perubahan jaman dan persaingan yang begitu kuat dan hebatnya dari para kompetitor. Saya berpikir dan bertanya, apa rahasia dibalik kesuksesan yang dialami oleh perusahaan sampoerna?

Sampoerna merupakan perusahaaan keluarga yang paling sukses dalam bidangnya dibandingkan dengan perusahaan lainnya yang sejenis dan non sejenis. Namun bukan berarti sampoerna tidak pernah mengalami kebangkrutan atau pailit. Sampoerna pernah  tercatat mengalami pailit setelah kematian Liem Seeng Tee. Dia adalah motor utama penggerak sampoerna. sepeninggalan Leam Seeng Tee penerusnya mengalami kehilangan arah dan sempat dinyatakan sampoerna mengalami pailit. Selain itu juga aset-asetnya pernah dijual untuk menutupi biaya oprasional sampai ke tahap bahan baku. Kalaulah bahan baku sudah terjual maka tidak ada lagi barang yang akan di produksi oleh sampoerna otomatis kegiatan produksi berhenti total. Namun kesulitan tidak hanya dialami oleh penerus dari keluarga sampoerna melainkan ketika Liem Seeng Tee masih memegang sumbu kekuasaan juga sempet mengalami kesulitan beberapa kali. Jaman kepeminpinan Liem Seeng Tee, sampoerna pernah mengalami kehancuran sebanyak dua kali yaitu pada waktu penjajahan jepang dan pada jaman era nasakom. Kedua jaman itu berhasil menghentikan aktifitas produksi dan mengalami kerugian yang sangat besar bahkan Liem Seng Tee dua kali masuk penjara dan pernah menjadi romusa pada jaman jepang.

Walaupun beberapa kali sampoerna mengalami pasang surut tetapi ternyata sampoerna mampu bangkit kembali dan bertahan di posisinya sebagai perusahaan penghasil rokok terbesar dan tertua yang masih bertahan. Rahasia dibalik eksistensinya adalah:

  1. Dilihat dari sosok pribadi sang pemimpin:
  1. Disiplin

Kedisiplinan ini tercermin dari cara kepemimpinan liem sieng tiee yang selalu memperhatikan waktu. Dari mulai pagi hari sampai sore liem sieng tiee selalu hadir paling awal dan pulang paling akhir.

  1. Kerja keras

Liem seeng tee pada awalanya seorang pedagang tembakao emperan dengan memanfaatkan teras kios orang lain sampai akhirnya berhasil menjadi pengusaha sukses sebagai pemilik sekaligus top manager perusahaan besar sampoerna sekarang. Meskipun  waktu itu Liem Seeng Tee adalah pemilik sekaligus manager utama sampoerna waktu itu tetapi  beliau tidak segan-segan untuk ikut mengawasi para pekerja dan sekaligus ikut serta mengerjakan apa yang dikerjakan oleh para karyawannya seperti melinting rokok sampai berkeliling memasarkan produk yang dihasilkannya sendirian. Semangat inilah yang mungkin tidak kita temukan pada pengusaha sekarang.

  1. Motivasi tinggi

Tidak hanya itu, seorang pemimpin seperti Liem Seng Tee adalah orang yang mempunyai dorongan semangat motivasi yang sangat tinggi untuk memajukan perusahaannya, karena dalam pandangannya usaha yang dijalankannya ini bukan sekedar demi keuntungan pribadi dan keluarga tetapi juga memikirkan orang lain yang menggantungkan hidup pada dirinya.

  1. Mempunyai ambisi

Tidak hanya berhenti di motivasi beliau mempunya energi untuk menjadikan keinginan dan harapanya menjadi kenyataan. Bukan hanya terpaku pada cita-cita dan angan-angan belaka tetapi dia mempunyai dorongan unuk sampai pada mewujudkan apa-apa yang dicitacitakannya.

  1. Perenungan

Setelah melakukan rentetan aktifitas di atas, Liem Seeng Tee selalu melakukan perenungan untuk mengevaluasi apa yang kurang dan apa yang berhasil dari aktifitasnya.

  1. Menerima kegagalan sebagai pengalaman yang baru

Kegagalan yang dialami oleh Liem Seng Tee dikemas menjadi pengalaman baru yang tidak ditinggalkan melainkan dikaji lebih mendalam mengenai faktor-faktor yang menyebabkan hal itu tidak berhasil, tentunya sambil melihat realita dilapangan dan disesuaikan dengan keadaan pada waktu itu. Kemampuan menganalisis inilah yang menyebabkan sampoerna bertahan menjadi perusahaan besar.

  1. Dilihat dari segi kepemimpinan Liem seeng Tee:
  1. Memiliki jiwa kebersamaan

Dalam jiwa kebersamaan, liem sieng tiee menerapkan strategi keuntungan bersama dan tidak pernah membedakan secara personal antara top manager dengan karyawan dibawahnya. Beliau menganggap karyawannya sebagai keluarganya sendiri yang selalu mendapatkan hak-haknya jauh lebih banyak dari yang seharusnya diterima karyawan.

  1. Memiliki kepedulian terhadap keluarga, karyawan dan lingkungan

Berbeda dengan kepemimpinan pada masa sekarang, Liem Seeng Tee mampu mensinergikan antara keluarga, karyawan dan masyarakat dilingkungan dimana ia tingal. Dimana keluarga, karyawan, dan masyarakat dilingkungannya mendapatkan perhatian dan prioritas yang tidak dibeda-bedakan. Tiga hal ini yang selalu di junjung tinggi sama Liem Seeng Tiee karena tiga hal inilah yang merupakan aspek penting dalam eksistensi perusahaan, sehingga siapa pun yang berada di dekatnya merasa nyaman.

  1. Melakukan hubungan secara personal terhadap karyawan

Dalam hal ini liem seeng tiee tidak segan-segan untuk berkomunikasi dengan karyawanya dimana pun ia berada, bahkan tidak segan-segan menolong dan membimbing karyawan ketika karyawannya mengalami kesulitan baik dalam hal kesulitan pribadi terlebih dalam hal kesulitan pekerjaan.

  1. Memberikan penghargaan kepada karyawan

Budaya inilah yang sekarang tidak kita temukan dalam banyak hal. Liem Seeng Tee sangat menghormati karyawanya. Beliau berinisiatif memberikan penghargaan kepada karyawannya yang dianggap pantas untuk mendapatkannya terutama karyawan yang dianggap mempunyai prestasi. Cara inilah yang pada akhirnya perusahaan mendapatkan loyalitas dan kinerja yang maksimal dari karyawannya. Sebagai contoh; ketika moneter terjadi di tahun sembilan puluhan, sampoerna menaikan gaji karyawan sebesar empat kali lipat padahal pada waktu itu perekonomian tidak setabi.

  1. Dilihat dari segi produk yang dihasilkan, sampoerna mempunyai:
  1. Mempunyai ciri khas

Produk sampoerna mempunyai ciri khas yang berbeda dari produk manapun. Ini lah yang menjadikan orang selalu setia mengkonsumsi produk sampoerna terutama dji sam soe. Produk sampoerna mengedepankan cita rasa khas yang tinggi, dimana kunci keberhasilan ditekankan pada kualitas rasa yang benar-benar diperhatikan dan terjaga. Kualitas rasa ini tidak dirubah sedikitpun dengan menambah atau mengurang rasa itu sendiri. Hal ini lah yang sangat dinantikan oleh konsumen.

  1. Konsisten

Konsistensi rasa yang ditonjolkan dari pertama sampai sekarang sudah benar-benar teruji sehingga menjadikan suatu hal yang dicari dan dinantikan banyak orang dan sudah tidak diragukan lagi. Untuk menjaga konsistensi rasa yang dihasilkan, Liem Seeng Tee tidak segan untuk mengontrol langsung dan mengerjakan sendiri guna memberikan contoh bagaimana menghasilkan produk yang bagus dan konsisten.

Dilihat dari proses penjualan atau marketing liem seeng tee menekankan pada tiga hal yang dilambangkan sebagai tiga telapak tangan yang melingkar dan mengarah ke tiga arah yang berbeda yang sekarang kita lihat di semua kemasan produk yang dihasilkan:

  1. Menguntungkan produsen

Dalam tahap ini liem seeng tee selalu mengedepankan keuntungan bersama antara pemilik dan para karyawan, dimana apabila perusahaan mendapatkan keuntungan maka karyawan dan pemilik harus ikut merasakan keuntungan tersebut.

  1. Menguntungkan pedagang

Dalam hal pemasaran liem seeng tee, juga mementingkan unsur keuntungan bagi para pedagang, dimana para pedagang tersebut dianggap sebagai kepanjangan tangan perusahaan. Oleh karena itu keuntungan atau laba untuk para penyalur dan pedagang selalu diperhatikan oleh Liem Seeng Tee sehingga terjadi kestabilan harga di pasaran guna memberikan keuntungan bersama, Karena apabila para pedagang mengalami kerugian maka sudah otomatis perusahaan dirugikan karena berkurangnya staf penjualan yang menyebabkan aliran produksi terhambat.

  1. Menguntugkan konsumen

Konsumen dalam hal ini diuntungkan oleh produk yang bagus tanpa dikurangi kualitasnya sedikitpun sehingga uang yang dikeluarkan untuk membeli produk dari sampoerna sesuai dengan apa yang konsumen dapatkan bahkan jauh melampaui harapan konsumen.

Keberhasilan sampoerna terletak pada keberhasilan mengikuti perubahan jaman dalam mengelola manageman perusahaan dan juga dalam hal promosi dan pemasaran sehingga sampoerna dirasakan dekat dengan masyarakat dimanapun berada tanpa merubah kualitas dari produk yang dihasilkan.

Membangun kredibilitas institusional juga merupakan faktor penting yang di lakukan oleh sampoerna. Membangun kredibilitas berarti menjadikan suatu cita-cita terwujud. Ada tiga faktor dalam kredibilitas:

  1. Kejujuran

Sampoerna sejak awal tidak pernah menjajikan suatu produk yang terbaik, tetapi sampoerna mewujudkan dengan memakai kualitas tembakao no satu dan di tambah dengan saus racikan dari bahan rempah-rempah terbaik dalam produk jee sam soe. Sehingga jee sam soe mempunyai konsumen yang loyal karena rasa yang di hasilkan sempurna sehingga konsumen enggan untuk berpaling ke rokok yang lain.

  1. Kompetensi

Sampoerna sejak awal tetap berupaya meningkatkan kompetensi karyawan dengan berusaha meningkatkan kemampuan karyawan dalam melakukan produksi dan kualiti kontrol yang langsung dilakukan oleh masing-masing karyawan, sehingga proses produksi yang dimulai dari pelintingan sampai menguji kualitas bisa dilakukan oleh seluruh karyawan sendiri.

  1. Inopasi

Pemimpin seperti leam seng tee merupakan sosok pemimpin yang inspirasi dengan melakukan kerja berkeliling bersama-sama mengontrol setiap bagian dan di setiap sudut produksi. Sifat bersahaja dan keakraban yang di tunjukan oleh leam seeng tee dengan tidak malu membetulkan pekerjaan yang salah menjadikan seluruh karyawan terinspirasi oleh kerja kerasnya dan tidak pandang bulu.

Pertanyaan besar ditunjukan kepada PT.HM. SAMPOERNA sekarang adalah, masih kah sang founding father menjadi rooh di kerajaan sampoerna sekarang?

Referensi:

Hermawan kertajaya Y.S. 2005. 4-G Marketing; A 90-year Journey of Creating Everlasting Brands. Ikrar Mandiri. jakarta


1 Response to “RAHASIA DIBALIK KESUKSESAN THE FOUNDING FATHER”


  1. 1 pey872
    April 21, 2011 pukul 10:39 pm

    Bagi siapa saja yang membaca, sebagai apresiasi tolong tinggalkan koment di bawah ini.
    Terimakasih


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s